Categories: Headline, Lain-lain

Kebiasaan Menjadi Lebih Produktif

 

produktifMenjadi produktif bukan sekadar berhasil mengerjakan banyak hal dalam satu hari. Menurut Tony Wong, pakar project management dan produktivitas, menjadi produktif bisa berarti kebalikannya, membuat poin terhadap hal-hal tertentu saja. Tony memberi masukan delapan kebiasaan yang bisa diterapkan agar menjadi lebih produktif.1. Minimalkan daftar hal yang harus dikerjakan.
Biasanya kita punya daftar to-do-list yang harus dikerjakan dalam satu hari. Namun tidak mungkin mengerjakan tugas hingga 20 atau 30 jenis dalam satu hari. Cobalah kurangi. Bila perlu bikin seminimalis mungkin. Ini akan sangat membantu untuk fokus dan menyelesaikannya dengan baik.2. Selingi dengan rehat.
Menjadi produktif bukan berarti memaksakan bekerja terus-menerus. Otak juga akan menjadi lelah dan butuh jeda. Karenanya untuk penyegaran cobalah ambil beberapa kali break atau rehat, dengan jalan-jalan sebentar, minum kopi atau ngemil, dan meditasi. Dengan catatan, tidak terlena karenanya.3. Bikin aturan 80/20.
Maksudnya, dengan bekerja maksimal 20 persen, hasil yang diperoleh mencapai 80 persen. Caranya, eliminasi atau kurangi aktivitas yang tidak perlu dan rasanya mengganggu. Beberapa gangguan saat melakukan pekerjaan sebaiknya diabaikan saja.

4. Manfaatkan pagi hari untuk fokus pada diri sendiri.
Saat bangun pagi, Anda terbiasa mengecek agenda dan surat elektronik? Coba ubah kebiasaan menikmati pagi dengan menyantap sarapan, baca koran, meditasi, atau sedikit berolahraga. Sambil berangkat ke kantor, Anda bisa mengecek email supaya di kantor Anda bisa langsung bekerja.

5. Sebelum siang, selesaikan tugas yang paling menantang.
Biasanya ada ritme kerja dari pagi, siang, hingga sore. Jika punya beberapa hal yang harus dikerjakan, tempatkan yang paling menantang untuk dikerjakan lebih dulu, sehingga bisa selesai sebelum jam makan siang.

6. Siasati email.
Email kerap menjadi gangguan saat bekerja. Merangkai kalimat untuk membalas email tersebut satu-persatu tentu butuh banyak waktu. Bila perlu, dan mendesak, cobalahmembalas surat-surat tersebut dengan menelepon langsung.

7. Kurangi rasa malas.
Ini adalah musuh produktivitas yang bisa menjangkiti siapa saja. Tak bisa dipungkiri, sekali waktu Anda pasti pernah mengalaminya. Namun cobalah selalu tegaskan pada diri sendiri agar menjadi lebih efisien dan efektif.

8. Tidak perlu multitasking Berhentilah merasa. bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Yang baik adalah fokus pada satu hal pada satu waktu, dan tentu hasilnya akan menjadi lebih baik.

sumber: kompas.com
Tags:

2 Responses to “8 Kebiasaan Menjadi Lebih Produktif”
Read them below or add one

  1. membagi waktu buat pekerjaan memang terasa sulit kalau di buat sulit,akan saya coba tips2 di atas tadi.terimakasih gan

  2. nina says:

    terimakasih banyak gan udah di share :)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

*

Top