Categories: Lain-lain

IKIP Widya Darma Surabaya Pencetak Lulusan Profesional di Bidang Pendidikan

ikip widya darma surabaya

ikip widya darma surabaya

Mari Mengenal IKIP Widya Darma Surabaya

IKIP Widya Darma Surabaya terletak di Jalan Ketintang 147 – 151 Surabaya Telpon: 031- 8273446 Website: www.ikipwidyadarma.ac.id Email: ikip.widya.darma@gmail.com.

Sejarah IKIP Widya Darma Surabaya
Yayasan Pendidikan Widya Dharma Surabaya yang sering disingkat YPW adalah sebagai penyelenggara Pendidikan Perguruan Tinggi IKIP Widya Darma berdiri pada tahun 1981, STIT Widya Darma berdiri pada tahun 1986 dan STIE Widya Darma Surabaya berdiri pada tahun 1986. Selain itu Yayasan Pendidikan Wjidya Dharma Surabaya atau YPW juga menyelenggarakan pendidikan menengah umum dan kejuruanya itu SMK Ketintang Surabaya yang berdiri pada tahun 1971, SMP WidyaDarma Surabaya yang berdiri pada tahun 1981 dan SMA Widya Darma Surabaya yang berdiri pada tahun 1986. Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Dharma Surabaya sebanyak 6 orang dengan ketua umumnya adalah Dr. Hj. Intan Nirwana, Drg.,M.Kes.

Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Darma Surabaya :
Ketua Umum : Dr. Hj. Intan Nirwana, Drg.,M.Kes.
Ketua : Drs. H. Supeno, SE., MM.
Sekretaris : Drs.Ir. H. Kharno Widjaja, MT.
Bendahara : Drs. H. Anang Marjono, MM.
Pengawas : Drs. Ariyanto, S.Pd

IKIP Widya Darma Surabaya didirikan pada tanggal 2 Mei 1981 dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0296/Q/1984 tanggal 25 Juni 1984 untuk tiga fakultas.

Adapun ketiga Fakultas tersebut adalah :
1. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni atau disingkat F P B S.
Ada 2 Program Studi terdiri atas :
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

2. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau disingkat FPMIPA.
Terdapat 1 Program Studi yaitu
Program Studi Pendidikan Matematika.

3. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial atau disingkat FPIPS.
Ada 2 Program Studi terdiri atas :
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Program Studi Pendidikan Ekonomi

A. Visi
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Widya Darma Surabaya menjadi Perguruan Tinggi yang mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter dan profesional di bidang pendidikan pada tahun 2025.

B. Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan berkualitas di bidang kependidikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkomitmen tinggi, dan profesional.
  2. Melaksanakan penelitian yang kompetitif dalam mendukung pengembangan keilmuan di bidang pendidikan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara professional melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu Pendidikan dalam upaya memberikan kontribusi kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama regional dan nasional dalam upaya mendukung pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

C. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi dalam bidang pendidikan.
  2. Menghasilkan penelitian yang kompetitif dalam mendukung pengembangan keilmuan di bidang pendidikan.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat secara professional melalui penyebar luasan dan penerapan ilmu Pendidikan dalam upaya memberikan kontribusi kepada masyarakat.
  4. Menerapkan kerjasama regional dan nasional dalam upaya mendukung pengembangan tri dharma perguruan tinggi

1.                  Kegiatan di dalam dan di luar kampus

A.                 Penggunaan Gadget

Penggunaan HP dan laptop di dalam maupun di luar kelas sangat membantu tumbuh berkembangnya proses belajar mengajar. Seperti kita ketahui bahwa perpustakaan terbesar di dunia adalah internet. Hal tersebut telah menjadi kebudayaan di Ikip Widya Darma Surabaya untuk mendukung metode pembelajaran dan pencarian nara sumber.

 

 

B.                  Peer teaching

 Kemampuan mahasiswa di dalam satu kelas adalah bervariasi. Namun begitu hak bagi setiap mahasiswa untuk mendapatkan Ilmu pengetahuan yang diberikan kampus. Untuk pemerataan kemampuan didalam proses belajar mengajar, Peer teaching sering diterapkan oleh mahasiswa dan dosen.

C.                  Drama

Penerapan mata kuliah ke dalam kehidupan nyata selalu menjadi hal yang diutamakan di dalam roda perkuliahan Ikip Widya Darma Surabaya. Program Study Bahasa Indonesia melakukan praktek Drama di luar kelas.

D.                 Pramuka

Untuk menumbuh kembangkan jiwa kepedulian sosial, Ikip Widya Darma memberikan kegiatan Extra kurikuler Pramuka kepada mahasiswa.

 

2.                  Kegiatan di luar kampus

A.     Workshop

 

Ikip Widya Darma adalah Institusi yang berkonsentrasi di bidang pendidikan. Oleh karenanya untuk memberikan bekal mahasiswa untuk berkembang sesuai bidang ilmu yang dipelajari, Ikip Widya Darma mengadakan Workshop ‘pembentukan LBB’.

 

B.      Kerjasama Lomba

Ikip Widya darma Surabaya bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar “Smart” Tulungagung mengadakan lomba Singing Contest.

 

C.      Mengajar di Tempat Terbuka

Kegiatan Learning English fast and implementing 7 habits adalah sebuah kegiatan yang melatih mahasiswa untuk mentransfer ilmu dengan metode di tempat terbuka. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa dilatih untuk menjadi event organizer dan sekaligus diberikan sudut pandang pengajaran yang menarik.

3.      Kegiatan Entrepreneurship

 

Jiwa Kewirausahaan adalah sasaran yang selalu diutamakan oleh Ikip Wdya Darma Surabaya agar suatu hari kelak para alumni bisa menciptakan dunia usaha sendiri sesuai bidang ilmu yang telah dipelajari.

A.     Singing contest

Melalui event singing contest, Mahasiswa diajari untuk menjadi event organizer yang suatu hari kelak mereka hadapi setelah lulus kuliah.

B.      Koperasi

Program Study Pendidikan Ekonomi membuka sebuah koperasi Mahasiswa yang dikelola dan dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen jurusan Pendidikan Ekonomi.

 

4.      Kompetensi Dosen

Kehidupan Civitas Akademika Ikip Widya Darma Surabaya didukung oleh tersedianya dosen yang mumpuni dibidangnya. Para dosen yang mengajar diantaranya merupakan Dosen tetap yang berjumlah 30 orang dan  Dosen Luar  Biasa berjumlah 10 orang.  Mereka merupakan Lulusan S2 dan S3 dan banyak yang telah Lolos melakukan penelitian. Untuk memperkokoh kualitas dosen, banyak diantara mereka yang telah tersertifikasi.

5.      SPMI

(Sistem Pengendali Mutu Internal)

 

Mutu pendidikan di dalam ruang lingkup Ikip Widya Darma Surabaya selalu dikembangkan dan diawasi oleh Badan Sistem Pengendali Mutu Internal.

7.      Brochure

 

Ingin Kuliah di IKIP Wiidya Darma Surabaya ?

IKIP Widya Darma Surabaya
Jalan Ketintang 147 – 151 Surabaya
Telpon: 031- 8273446
Website: www.ikipwidyadarma.ac.id
Email: ikip.widya.darma@gmail.com
sumber :
Edy Suseno,S.Pd.,M.Pd.
Dosen Tetap dan Ketua SPMI Ikip Widya Darma Surabaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

*